Jumat, 16 April 2010

Laboratorium

Kalau kalian mendengar Fakultas Bioteknologi, mungkin kalian akan membayangkan fakultas dengan laboratorium yang super canggih. Yah..... Tidak terlalu tepat, tapi..... Kami memang memiliki beberapa peralatan yang cukup canggih dan mahal.

Untuk memberi kalian gambaran lebih lanjut, kami akan menceritakan sedikit tentang laboratorium-laboratorium di FTb dan kegiatan di dalamnya.

Pertama-tama ada Teaching lab.

Ini adalah Laboratorium yang paling sering didatangi oleh mahasiswa FTb. Hampir semua kegiatan praktikum dilakukan di sini. Kimia dasar, kimia analitis, biokimia, mikrobiologi, teknologi DNA, teknologi cendawan, teknologi pangan, mikrobiologi lingkungan, kultur jaringan, teknologo tanaman dan biologi molukuler keragaman prokariot adalah mata kuliah yang menggunakan laboratorium ini. Banyak bukan?

Karena itulah, laboratorium ini adalah yang paling luas, dengan banyak bench dan kursi untuk kegiatan praktikum. Dalam lab ini juga terdapat inkubator, lemari asam, pH-meter, dan banyak peralatan dasar lainnya. Dan yang paling banyak mengisi lab ini adalah mahasiswa FTb tentunya. ^^

Berikutnya, Laboratorium kultur jaringan. Lab ini adalah salah satu yang menarik. Alas kaki dari luar tidak boleh dipakai ke dalam ruangan ini. Di dalamnya, kalian akan menemukan ruang preparasi dan ruang transfer sekaligur kultur.

Lab ini adalah tempat kami memperbanyak tanaman dan meratap karena tanaman kami terkontaminasi dan mati. =(

Ketiga, ada Laboratorium mikrobiologi, yang sesuai namanya adalah tempat untuk 'bermain-main' dengan mikrob. Lab ini terletak bersebelahan dengan laboratorium yang masih baru, yaitu Laboratorium cendawan, yang memang adalah 'rumah' bagi para jamur.

Selanjutnya adalah laboratorium Teknologi DNA. Di dalam ruang inilah keajaiban terjadi. Lab ini memiliki PCR, sequencer dan alat-alat yang berbau DNA lainnya. Yang juga adalah alat-alat termahal di FTb.

Yang terakhir adalah laboratorium biokimia. Laboratorium ini adalah tempat untuk, um, percobaan-percobaan biokimia. Mesin HPLC adalah penunggu tetap ruangan ini.

Ah, satu yang nyaris terlupa. Laboratorium teknologi pangan. Tempat masak memasak, baik oleh manusia maupun oleh mikroba, terjadi.

Cukup lengkap bukan laboratorium di FTb?




1 komentar:

Unknown mengatakan...

laborrtorium kuljar atma mau meng-kuljar-kan tanaman langka ngga?

just asking sih

Posting Komentar